Identitas UE dalam #5G

RF Planning and Simulation.
User avatar
Komsel2
Special Member
Special Member
Posts: 158
Joined: 26 Oct 2017, 08:08
Status: Offline

Identitas UE dalam #5G

Postby Komsel2 » 02 Feb 2020, 18:00

Identitas UE dalam #5G .

Pada core networknya #5G, kita mengetahui entitas jaringan dengan nama - nama baru dan juga fungsi - fungsi yang baru, ada AMF, UPF, SMF, PCF, UDM, AUSF, LMF, NRF, NEF dan AF.

Nah kemudian untuk identifikasi subscriber UE ataupun MS juga muncul istilah - istilah baru, yang sebelumnya di teknologi 2G,3G dan 4G ada istilah MSISDN, IMSI atau P-TMSI.

Di 5G ada Generic Public Subscription Identifier yang disingkat GPSI, digunakan sebagai sarana untuk ifentifikasi pelanggan 3GPP di jaringan data. GPSI adalah pengidentifikasi publik yang ekuivalen dengan MSISDN.

Dalam teknologi 5G, ada lagi yang namanya, Subscription Permanent Identifier, atau disingkat SUPI. SUPI ini equivalen dengan IMSI. Selain SUPI, ada juga Subscription Concealed Identifier, disingkat SUCI. Dengan kata lain SUCI adalah SUPI yang ter-encrypt, agak mirip dengan P-TMSI walaupun ada perbedaannya.

Pengidentifikasian seperti IMEI juga telah ada perubahan / perbaikan, di 5G disebut sebagai Permanent Equipment Identity atau disingkat PEI. PEI dapat memiliki format yang berbeda dari IMEI, tetapi PEI juga mendukung format IMEI.

Ada lagi pengidentifikasi yang digunakan dalam jaringan 5G yaitu, GUTI, global identifikasi sementara yang unik yang berisi MCC, MNC, AMF ID dan informasi lainnya.



Return to “Network Planning”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

 

 

cron