5G Functional Split: RU, CU and DU

EBooks and Documents for Wireless,Wireline and IT
User avatar
upinipin
Active Member
Active Member
Posts: 69
Joined: 12 May 2017, 09:43
Status: Offline

5G Functional Split: RU, CU and DU

Postby upinipin » 15 Jun 2021, 21:18

Di era 5G, dengan mempertimbangkan tren virtualisasi RAN, cloudization dan sentralisasi, dan untuk mengurangi kapasitas fronthaul dan delay, base station 5G telah direstrukturisasi, terutama dibagi menjadi tiga bagian:

CU/DU

RU: Ini adalah unit perangkat keras radio yang mengubah sinyal radio yang dikirim ke dan dari antena menjadi sinyal digital untuk transmisi melalui jaringan paket. Ini menangani ujung depan digital (DFE) dan lapisan PHY bawah, serta fungsionalitas beamforming digital. pertimbangan utama desain RU adalah ukuran, berat, dan konsumsi daya. Mereka ditempatkan di situs.
DU: Perangkat lunak unit terdistribusi yang digunakan di situs pada server COTS. Perangkat lunak DU biasanya digunakan dekat dengan RU di lokasi dan menjalankan RLC, MAC, dan bagian dari lapisan PHY.
CU, unit pusat, terutama mencakup lapisan protokol RRC, SDAP, dan PDCP, dan terutama bertanggung jawab atas fungsi tumpukan protokol RRC, PDCP non-real-time.
CU dapat digunakan di cloud untuk mendukung penyebaran terintegrasi dari sinking UPF jaringan inti dan komputasi tepi. CU dan DU terhubung melalui antarmuka F1. Satu CU dapat mengelola satu atau lebih DU

DU bertanggung jawab atas lapisan waktu nyata 1 (L1, lapisan fisik) dan lapisan bawah 2 (L2) yang berisi lapisan tautan data dan fungsi penjadwalan.

CU bertanggung jawab atas fungsi L2 dan L3 (lapisan jaringan) non-real time yang lebih tinggi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.



Return to “Library”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

 

 

cron