Virtual RAN vs Open RAN?

EBooks and Documents for Wireless,Wireline and IT
User avatar
beginner
Admin
Admin
Posts: 917
Joined: 03 Feb 2016, 06:56
Status: Offline

Virtual RAN vs Open RAN?

Postby beginner » 14 Jul 2021, 08:17

Industri seluler saat ini sedang mendiskusikan Virtualized RAN (vRAN) dan Open RAN, tetapi sangat penting untuk membedakan antara kedua konsep ini karena keduanya mewakili pendekatan yang berbeda:

1. vRAN atau RAN Virtual

Dengan vRAN, perangkat keras radio berpemilik tetap seperti apa adanya, tetapi BBU digantikan oleh server COTS daripada menjadi perangkat keras BBU berpemilik. Perangkat lunak yang berjalan di BBU divirtualisasikan untuk dijalankan di server COTS mana pun. Tetapi antarmuka eksklusif antara radio dan BBU berbasis COTS tetap seperti apa adanya.

Jadi, meskipun fungsi RAN divirtualisasikan pada server COTS, antarmuka antara BBU dan RRU / RRH bukanlah antarmuka terbuka, sehingga perangkat lunak vendor mana pun tidak dapat bekerja dengan RRU / RRH kecuali antarmuka menjadi terbuka.

2. OpenRAN atau ORAN

Kunci dengan Open RAN adalah bahwa antarmuka antara BBU dan RRU / RRH adalah antarmuka terbuka, jadi, perangkat lunak vendor mana pun dapat bekerja pada RRU / RRH terbuka apa pun. Antarmuka yang lebih terbuka memungkinkan penggunaan radio satu pemasok dengan prosesor lain – yang tidak mungkin dilakukan dengan vRAN. Open RAN adalah gerakan untuk mendefinisikan dan membangun solusi RAN 2G, 3G, 4G, dan 5G berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak yang ditentukan vendor untuk tujuan umum dengan antarmuka terbuka di antara semua komponen.

Open RAN Merupakan pemisahan hardware dan software: hardware RRU/RRH menjadi hardware berbasis GPP atau COTS yang dapat dibeli dari vendor hardware ODM, OEM atau RAN manapun. BBU sama seperti dalam kasus vRAN

3.Kesimpulan

Ada perbedaan penting antara vRAN dan Open RAN, yang paling penting adalah inovasi yang akan diperkenalkan Open RAN dalam rantai nilai telekomunikasi. vRAN juga akan memperkenalkan fitur-fitur baru dan meningkatkan efisiensi peluncuran jaringan, tetapi Open RAN secara fundamental mengubah seluler rantai nilai infrastruktur dengan cara yang mencerminkan keragaman pemasok dan kecepatan inovasi yang mendefinisikan ulang pasar PC beberapa tahun yang lalu



Return to “Library”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

 

 

cron