HR, Don’t Wait for the GREAT

All major forum events history. Submit your requests, comments and ideas regarding the forum's performance and structure. All Rules and strategies.
User avatar
scholar
Active Member
Active Member
Posts: 140
Joined: 16 Apr 2016, 17:17
Status: Offline

HR, Don’t Wait for the GREAT

Postby scholar » 24 Aug 2016, 11:21

Anda pasti sudah tidak asing dengan kata TEAM BUILDING, bukan?

Anda juga pasti pernah melakukan kegiatan tersebut di perusahaan anda.


Namun, apakah anda benar-benar menyadari betapa pentingnya melakukan kegiatan tersebut secara berkelanjutan?


Kali ini saya akan membahas mengenai MANFAAT dari Team Building, untuk mengingatkan anda perlunya mengadakan kembali kegiatan-kegiatan tersebut di lingkungan kerja anda.



Meningkatkan Produktivitas


Kegiatan team building sering mendorong karyawan untuk menemukan cara-cara baru yang dapat meningkatkan proses, kebijakan atau prosedur berjalan lambat, sehingga setelah kegiatan tersebut karyawan dapat bekerja lebih efektif dan efisien.


Meningkatkan Motivasi


Dengan melakukan kegiatan team building dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam beberapa cara. Pertama, ketika karyawan berhasil dalam kegiatan team building, mereka menjadi lebih percaya diri, sehingga dapat meningkatkan motivasi mereka. kedua, karyawan lebih termotivasi ketika mereka mendapatkan kepercayaan antar sesama karyawan, karena mereka merasa bahwa pekerjaan mereka sebagai tim akan diakui dan dihargai.


Problem Solving


Dalam kegiatan team building biasanya terdapat masalah yang harus dipecahkan bersama. Keterampilan problem solving yang mereka latih dalam simulasi tersebut dapat ditransfer ke dalam lingkungan kerja. Melalui kegiatan team building ini, anggota tim mendapatkan keterampilan yang memungkinkan mereka mengidentifikasi tujuan untuk dicapai, hambatannya dan menemukan cara-cara untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.


Mendorong Kreativitas


Kegiatan team building merubah karyawan dari lingkungan biasa mereka dengan melakukan hal-hal baru yang tidak biasanya. Kondisi yang baru ini pun mampu membuat karyawan menjadi lebih kreatif dan menggunakan imajinasi mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Hal ini juga mengirimkan pesan kepada karyawan bahwa kreativitas mereka dapat di aplikasikan juga di lingkungan kerja.


Meningkatan Komunikasi


Untuk menyelesaikan kegiatan team building, karyawan dituntut untuk saling berkomunikasi. Sehingga batasan-batasan maupun kesenjangan yang terjadi ketika di lingkungan kerja akan hilang seketika saat mereka harus bekerjasama dalam kegiatan tersebut. Tegur sapa yang biasanya menjadi simbolis, kini menjadi prioritas utama untuk dapat berhasil dalam kegiatan team building itu.


Jika sudah terbangun komunikasi yang baik, maka akan terjalin juga sebuah hubungan yang harmonis, dimana akan memudahkan proses bekerjasama ketika kembali berada di dalam lingkungan kerja.



Return to “Announcements”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest