Great HR masih bermasalah dengan absensi?

All major forum events history. Submit your requests, comments and ideas regarding the forum's performance and structure. All Rules and strategies.
User avatar
scholar
Active Member
Active Member
Posts: 135
Joined: 16 Apr 2016, 17:17
Status: Offline

Great HR masih bermasalah dengan absensi?

Postby scholar » 23 Aug 2016, 11:11

Apakah anda masih bermasalah terhadap

Karyawan yang memiliki absen buruk ?




Bukan hanya menyusahkan anda sebagai HRD, namun juga memiliki dampak fatal bagi perusahaan secara keseluruhan. Dan hal tersebut lebih buruk dari yang anda pikirkan, seperti :

• Upah yang tetap dibayarkan kepada karyawan yang absen

• membayar lembur bagi karyawan lain dan / atau pekerja sementara

• Mengurangi produktivitas = mengurangi Profit


Selain itu, absensi yang buruk juga menyebabkan :


Kebencian

Karyawan lain yang hadir di kantor akhirnya pun mulai membenci si tukang absen. Seiiring waktu, frustasi ini dapat mengakibatkan konflik terbuka antara karyawan. Ketegangan yang disebabkan oleh konflik tersebut dapat menciptakan lingkungan kerja yang tidak nyaman, produktifitas melambat dan turnover yang tinggi


Gangguan

Pekerja yang absen menyebabkan gangguan terhadap jadwal kerja normal, yang dapat menyebabkan stress di kalangan rekan kerja dan juga manager. Manajer harus berjuang untuk menjadwal ulang pekerja untuk mengisi kesenjangan pekerja yang absen. Absensi yang terjadi secara konsisten menciptakan stres secara teratur dan menurunkan moral pekerja di perusahaan.



Dan, mungkin masih ada banyak dampak buruk lainnya yang anda rasakan sebagai seorang HRD.


Sekarang, yang anda inginkan dari saya pastilah jalan keluar atau solusi atas masalah tersebut, bukan?

Solusi yang tepat haruslah didasari oleh penyebab maupun tipe absensi nya terlebih dahulu. Berikut ini saya berikan solusi atas setiap tipe dan penyebab absen karyawan.

1. Absen yang disebabkan oleh sakit

Sakitnya seorang karyawan pun bermacam-macam penyebabnya. Bisa jadi karena terpapar bahan kimia tempat ia bekerja sekarang. Bisa juga karena kebiasaan buruk, seperti rokok, alkohol, sering begadang, konsumsi junk food, mengangkat benda-benda berat dan terlalu banyak duduk.


Untuk pencegahan sakit karena bahan kimia, anda dapat menyediakan masker maupun rutin cek kesehatan di perusahaan anda. Selain sebagai tuntutan tanggungjawab perusahaan sebagai sumber sakitnya karyawan yang terpapar bahan kimia produksi, hal tersbut merupakan tanggungjawab moral yang perlu dipenuhi.


Berbicara tentang sakit yang disebabkan oleh Habbit yang buruk seperti rokok, alkohol, begadang dan juga kebiasaan mengkonsumsi junk food, anda dapat mensiasatinya dengan cara menyelenggarakan seminar kesehatan untuk menyadarkan karyawan anda tentang Healthy lifestyle.


Penyebab terakhir yang juga berkaitan dengan tugasnya sebagai pekerja, yaitu mengangkat barang-barang berat, staff yang banyak menghabiskan waktunya untuk duduk didepan komputer. Para pekerja yang sering mengangkat barang berat akan mudah terserang sakit pada punggung dan pinggang. Hal tersebut juga serupa dengan para pekerja yang didominasi duduk berlebihan. Cara yang bisa anda tawarkan adalah dengan mengadakan kelas olahraga rutin bagi seluruh karyawan anda. Ya! Olahraga adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi penyebab sakit tersebut.

2. Absen dengan ijin yang tidak jelas

Untuk si tukang absen dengan ijin yang tidak jelas, dapat kita curigai bahwa karyawan tersebut terkena “penyakit” malas, jenuh, maupun menghindari tanggungjawab. Untuk penyakit non fisik seperti tersebut pun dapat dilakukan tindakan pencegahannya.


Rasa malas dan jenuh selain dapat diantisipasi dengan rutin berolahraga, anda juga dapat membuatkan program kerja yang menarik bagi karyawan. Diantaranya adalah mengajak karyawan anda untuk berekreasi dan berpetualang, seperti Tracking, Snorkling, maupun mengadakan Outbound. Selain dapat menyegarkan pikiran karyawan, outbound juga memiliki fungsi lain sebagai sarana team building, lho. Artikel selanjutnya akan membahas lebih lengkap mengapa Team Building dapat memberikan manfaat yang cukup banyak bagi HRD dan perusahaan.



Return to “Announcements”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

 

 

cron